Pages

Thursday, January 26, 2012

Tips Cara Mengatasi Dan Penyebab Rambut Rontok

Masalah rambut yang umum ditemiu adalah rambut rontok, apalagi bagi sebagaian besar wanita rambut rontok adalah momok yang sangat mengerikan. Ketika seorang mengalami kerontokan maka rasa frustasi akan semakin memuncak. banyak hal yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Bunda disini saya akan coba membahas tentang penyebab rambut rontok, ciri ciri rambut rontok dan juga cara mengatasi rambut rontok.
Bunda, pernahkan anda mengalami kerontokan rambut? seberapa parahkah?Jika kerontokan rambut terjadi tidak lebih dari 100 helai per hari itu masih belum bisa di bilang kerontokan yang akut.
Bagi wanita hamil dan juga menyusui, kadang akan mengalami rambut rontok, itu karena faktor hormonal. Biasanya rambut rontok yang dialami oleh wanita hamil dan menyusui disebut atau dimasukkan dalam kategori hairloss yaitu rambut umumnya rontok dari akar. Hairloss juga akan terjadi pada orang yang telah lanjut usia atau mengalami sakit yang parah, seperti kanker misalnya. Beda lagi dengan hairfall, hairfalladlah rambut rontok karena patah, biasanya hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan dan juga faktor perlakuan rambut seperti pengecatan rambut, rebonding, atau penataan rambut lainnya.
Adapun ciri ciri rambut rontok adalah jika kita menyisir rambut, maka rambut akan nyangkut disisir, lalu saat kita bangun tidur rambut berada di bantal, dan saat keramas banyak rambut yang lepas. Penyebab rambut rontok diantaranya adalah disebabkan oleh faktor lingkungan, faktor kimia, faktor hormonal dan juga faktor perlakuan terhadap rambut.
Faktor lingkungan disini, misalnya sering terkena sinar matahari sehinggan rambut menjadi kering dan mudah patah atau rontok. Faktor kimia misalnya pengunaan bahan kimia yang tidak cocok untuk rambut nbahkan cenderung merusak rambut, seperti pada saat pengecatan atau perawatan rambut. faktor hormonal ini biasanya terjadi pada wanita hamil, atau menyusui. Sedangkan perlakuan misalnya sering mengonta ganti warna rambut tanpa diimbangi perawatan yang tepat untuk rambut. Atau terlalu kencang dan sering mengikat rambut.
Adapun tips atau solusi yang dapat bunda lakukan yaitu :
1. Hindari penyisiran rambut saat basah, karena hal ini akan membuat rambut mudah lepas dan patah.
2. Pilihlah sisir yang renggang
3. Sering mengerai rambut.
4. Gunakan penutup rambut saat panas

Demikian uraian saya, semoga bermanfaat untuk bunda semuanya.





No comments:

Post a Comment